Penyakit Cacar Air

Penyakit Cacar Air




  • Permulaan dari penyakit ini ditandai dengan badan merasa sedikit panas/ demam/dingin, ada rasa skit di bagian belakang dan kaki, ada kalanya muntah - muntah dan sakit kepala. Dalam waktu satu atau dua hari, timbul bintik - bintik merah yang lama = kelamaan membear dan berisi air yang warnanya putih keruh agak kuning - kuningan. setelah akan sembuh/kelihatan kering atau berkeropeng. tetapi jikalau tidak mendapat perawatan yang baik, di sebelah yang sudah kering tadi akan timbul bintik - bintik baru yang ber air lagi.
  • Bintik - bintik yang ber air ini mula - mula timbul / kelihatan di bagian muka yang kemudian menjalar ke bagian belakang dan di dada. Bisa juga di seluruh tubuh penderita. Masa tunas kuman ini kurang lebih seminggu atau sepuluh hari setelah tertular. Penyakit ini cepat sekali menular. Pakaian penderita juga harus dijaga jangan sampai campur dengan pakaian yang lain. Anak sehat harus dijauhkan dari penderita. Pakaian penderita harus dicuci dengan air panas saat mencuci
  • Penderita selamamasih panas dan kulitnya (bintik-bintik) masih belum kering, jangan dimandikan dulu. Biasanya dalam waktu sepuluh hari atau dua minggu, peyakit ini sudah dapat sembuh asalkan dirawat baik - baik dan diberi obat.